Ide Bisnis


Sumber Ide Bisnis Bagi Mahasiswa - Indonesia Banking School
Hallo apa kabar kalian semua? Kali ini saya hadir lagi dan akan membahas tentang “Ide Bisnis” Di dalam sebuah bisnis atau usaha yang dikelola oleh perseorangan ataupun kelompok (organisasi) pasti dibutuhkan suatu ide, yang mana ide tersebut mempunyai arti respon seseorang untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi atau unuk memenuhi kebutuhan yang ada pada lingkungan tersebut (pasar,masyarakat). Untuk lebih lanjut yuk kita simak pembahasan dibawah ini, enjoy ya!

Apa sih yang dimaksud Ide Bisnis?
Ide bisnis (usaha) adalah respon seseorang, banyak orang atau suatu organisasi untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan disuatu lingkungan (pasar, masyarakat). Mencari sebuah ide bisnis yang bagus merupakan langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreatifitas pengusaha menjadi peluang bisnis atau usaha.

  5 Tips Mengevaluasi Ide Bisnis yang Potensial dan Menjanjikan ...
Mencari sebuah ide yang bagus akan menjadi langkah awal yang sangat baik bagi pembisnis dan senantiasa bisa menjadikan peluang dalam bisnis tersebut. Jadi seorang pembisnis bukan hanya harus mahir dalam mengelola bisnisnya melainkan juga harus mempunyai ide-ide atau kreatifitas guna memajukan produk yang mereka kelola, jadi yang di maksud ide yang sangat bagus ialah ide bisnis yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan permintaan pasar sehingga produk yang di hasilkan itu akan menjadikan bisnis yang berjalan.

Selanjutnya adalah keahlian dan keterampilan, jadi kita dalam mengelola suatu bisnis harus mempunyai keahlian dan keterampilan nah, bilamana kita mempunyai sebuah hal tersebut, kita tinggal melaksanakan usaha atau bisnis tersebut, jadi sebelum kita berbisnis kita fikirkan dulu kita mencari ide apa keahlian dan apa keterampilan yang kita miliki, kita harus kembangkan itu sebaik mungkin dan kita kelola sampai menjadi sebuah bisnis. 

Kemudian, ada juga ide bisnis yang meliputi hobi kalau sudah menjadi hobi maka otomatis kita akan merasa senang dalam melakukan suatu hal tersebut, dan bisnis yang meliputi hobi ini akan menjadi hal yang sangat kita senangi, dan hobi ini sangat efektif untuk membangun minat dan motivasi kepada diri kita sendiri. 

Kondisi ekonomi saat ini yang menjadikan daya beli masyarakat menurun drastis sedangkan harga kebutuhan pokok terus saja naik. Kondisi ini seakan menuntut kita untuk kreatif dalam memulai usaha. Mau tidak mau kita harus mempunyai ide bisnis yang benar-benar kreatif dan inovatif agar bisa terus berjalan meski kondisi kritis.

 Enam Metode untuk Dapatkan Ide dan Kesempatan Bisnis Kreatif ...
Cara yang sederhana dan paling mendasar yang  perlu di lakukan adalah membaca kondisi lingkungan dimana bisnis tersebut akan dijalankan. Untuk lebih jelas nya, berikut 7 sumber inspirasi yang bisa menjadi acuan dalam menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif.

1. Temukan permasalahan yang dihadapi masyarakat 
Poin pertama ini sudah kita singgung di atas mengenai membaca lingkungan sekitar. Artinya Anda perlu turun langsung untuk melihat kondisi lingkungan dan mencari permasalahan yang dihadapi masyarakat. Kunci untuk menemukan permasalahan yang terjadi di masyarakat adalah dengan melihat apa yang dibutuhkan oleh banyak orang namun belum ada yang mendapatkan solusinya.

2. Lakukan Riset produk dan Bisnis 
Riset perlu dilakukan agar Anda bisa memastikan ide bisnis Anda di terima di pasar.  Anda bisa melakukan riset dengan memanfaatkan internet. Dengan browsing kita bisa lebih mudah menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Anda bisa menemukan produk dan ide bisnis  yang berhubungan dengan ide yang ada di pikiran Anda. Dari penelusuran tersebut Anda akan lebih mudah memadukan prosuk atau bisnis yang sudah ada menjadi ide bisnis yang lebih kreatif dan inovatif.

3. Belajar dari kesuksesan orang lain 
Dengan mengamati bisnis yang sudah mapan atau boleh dikatakan sukses kita akan mengetahui keunggulan dari bisnis tersebut. Karena bisnis yang sudah mapan memliki berbagai keunggulan yang dapat kita pelajari. Sehingga kita bisa mendapatkan ide bisnis serupa namun mesti dimodivikasi agar mempunyai nilai lebih. Mulai sekarang jika Anda bepergian cobalah amati perusahaan-perusahaan sukses. Karena itu bisa menjadi ide bisnis untuk Anda modivikasi.

4. Dapatkan inspirasi dari masalah personal 

Dengan mengamati bisnis yang sudah mapan atau boleh dikatakan sukses kita akan mengetahui keungggulan dari bisnis tersebut. Berpikirlah positif dan carilah solusi dari permasalahan tersebut. karena bisa jadi solusi yang anda temukan dari permasalahan yang datang menjadi ide bisnis terbaik anda.  b

5. Belajar dari masalah orang lain

Maksud nya kita bisa menemukan ide bisnis dari permaslahan yang dikeluhkan oleh orang lain terkait produk atau perusahaan yang sudah ada. Dari respon orang lain ini lah kita tahu bahwa terdapat kekurangan dari perusahaan tersebut. Artinya ada hal-hal yang tidak bisa dipenuhi oleh perusahaan yang sudah berjalan tersebut. Dan ini bisa menjadi ide yang bagus untuk membangun sebuah usaha.

6. Amati trend yang sedang berkembang

Trend adalah sesuatu yang sedang dibicarakan oleh banyak orang saat ini dan kejadiannya berdasarkan fakta. Anda bisa mengamati trend pada lingkungan sosial, politik atau lingkungan dan kemudian menjadikannya inspirasi memulai sebuah bisnis yang inovatif. Dengan mengikuti trend Anda akan dengan mudah dalam menjaring konsumen dalam waktu yang cepat. Namun mesti diperhatikan saat Anda memulai usaha dengan mengikuti trend. Usahakan bisnis Anda berbeda dari yang sudah ada. Setidaknya ada nilai lebih sehingga menarik konsumen untuk memilih perusahaan yang Anda jalankan dari pada yang lain. Dan pastikan Anda suda mempunyai solusi seandainya trend bisnis tersebut memudar.

7. Berfikir out of the box

Pada tahap ini, Anda harus peka dalam membaca peluang atau ide-ide umum yang berada di pasaran. Tidak sedikit bisnis inovatif yang lahir dari gagasan biasa, hanya saja dijalankan dari sudut pandang berbeda. Prinsipnya adalah pikirkan hal yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain.

Kalian dapat menonton video di bawah ini untuk dapat mengetahui apa sajakah sumber-sumber ide bisnis untuk memulai usaha sendiri : 



Itulah pembahasan tentang Ide Bisnis yang bisa kamu pahami, maaf kalau videonya banyak kesalahan dan kekurangannya. Semoga kalian menyukai blog saya dan bermanfaat buat kalian semua, sampai jupa lagi teman-teman^^

Komentar