Business Plan

 PENTINGNYA BUSINESS PLAN : KIAT JITU MEMBUAT BISNIS ANDA SUKSES ...

Hello apa kabar semua? Sebelumnya saya mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin ya semuanya^^ Kali ini saya akan membahas tentang Business Plan atau singkatnya BP bukan BlackPink girlband ya hehehe. Jadi kalian tau enggak sih pengertian, manfaat dan lain-lain yang ada di business plan? Kalau belum yuk kita sama-sama simak dibawah ini ya. Enjoy!
Business Plan atau Rencana Bisnis adalah tahap awal dari pembangunan sebuah bisnis yang disusun oleh seorang wirausaha yang ingin membuat bisnisnya. Bisnis plan ini sangat penting karena memuat semua arah dan tujuan dari bisnis ini.
Semua ide bisnis dari si wirausaha akan dituliskan di dalam bisnis plan ini dan akhirnya akan memudahkan si wirausaha dalam mencari dana dari investor, mencari pemasok bahan baku dan lain sebagainya. Namun sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya untuk memahami arti dari bisnis plan ini sendiri beserta dengan komponen-komponen penting di dalamnya.

Apa itu Business Plan?

Bisnis plan dapat diartikan sebagai sebuah dokumen yang memuat dan menyatakan suatu keyakinan terhadap rencana untuk membangun sebuah bisnis yang menjual barang ataupun jasa untuk mendapatkan keuntungan finansial yang baik bagi para pemilik dana atau investor. Dengan kata lain bisnis plan adalah sebuah dokumen yang berisi informasi lengkap mengenai rencana sebuah bisnis dan diharapkan dapat menarik perhatian dari para investor untuk mendanai rencana bisnis tersebut.
Bisnis plan harus disiapkan sebelum sebuah bisnis dibangun. Hal ini bertujuan agar arah dari bisnis tersebut jelas dan dapat mengetahui apakah rencana bisnis tersebut sesuai dengan keinginan dari investor atau tidak.
Sebuah bisnis plan harus ditulis secara lengkap dan jelas agar dapat menarik perhatian dari investor, konsumen, pemasok barang dan semua orang yang perlu mempelajari bisnis plan ini. Tanpa adanya bisnis plan yang baik mustahil sebuah bisnis dapat berjalan dengan lancar karena arah dari bisnis tersebut tidak jelas.

Apa manfaat Business Plan?

Manfaat bisnis plan sangat banyak, terutama bagi kemajuan suatu usaha yang tengah dirintis. Dengan menyusun sebuah bisnis plan maka wirausahawan akan lebih mudah dalam mendapatkan sokongan dana dari para investor. Sebelum para investor mau memberikan dana bagi para wirausaha, pastilah mereka akan mempelajari bisnis plan yang telah dibuat oleh para wirausahawan.
Jika bisnis plan ditulis dengan sangat baik maka besar kemungkinannya bagi para investor untuk memberikan dana. Jika bisnis plan dianggap kurang baik dan tidak meyakinkan maka kemungkinan besar para investor tidak akan menurunkan dana mereka.
Selain sebagai alat untuk mencari dana, bisnis plan juga merupakan sarana untuk mengawasi perkembangan dari bisnis yang tengah dijalankan. Tanpa adanya bisnis plan mustahil arah dari bisnis yang dijalankan dapat lurus ke depan.
Bisnis plan pulalah yang akan dijadikan acuan dan pedoman dari pemilik usaha untuk mengambil keputusan besar yang tengah dihadapi. Bisnis plan ini sangatlah penting dan bermanfaat, jadi bagi para pengusaha wajib untuk memiliki bisnis plan dalam setiap usaha yang akan dijalankan.

Apa saja Prinsip Business Plan?

  1. Perencanaan usaha harus bisa diterima semua pihak.
  2. Perencanaan usaha harus realistis dan fleksibel.
  3. Perencanaan usaha harus mencakup seluruh aspek kegiatan usaha.
  4. Perencanaan usaha harus merumuskan cara cara kerja usaha yang efektif dan efisien.

Apa saja Komponen Business Plan?

1. Ulasan Deskripsi Bisnis
Disini anda harus menjelaskan secara singkat apa bidang usaha yang akan dijalankan. Tuliskan potensi produk anda saat ini dan kemungkinannya dimasa depan. Juga berikan informasi peluang pasarnya serta perkembangan produk untuk bisa bertahan dan menyesuaikan dengan pasar yang ada.

2. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang akan dijalankan haruslah merupakan hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat. Analisa pasar adalah kekuatan yang harus anda gunakan untuk menciptakan target pembeli, anda harus memahami seluruh aspek yang berkaitan dengan pasar sehingga target penjualan dapat ditentukan (kemana produk anda akan dipasarkan).

3. Analisa Pesaing

Analisa Pesaing digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing anda dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatannya, kemudian mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda dengan pesaing. Anda juga harus mencari strategi untuk menghalangi pesaing masuk dan meniru strategi yang sama dengan anda.
Demikian juga dengan kelemahan yang ditemukan, dapat dieksploitasi dengan mengembangkan produk yang lebih baik dari pesaing anda.

4. Rencana Desain dan Pengembangan

Rencana desain dan pengembangan dperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan. Ini berguna untuk membuat rencana anggaran biaya produksi yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Rencana Operasional dan Manajemen

Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional akan berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan, misalnya bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana prosedur penugasan antar divisi dalam perusahaan serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

6. Pembiayaan

Faktor pembiayaan menjadi unsur penting dalam sebuah rencana bisnis. Darimana sumber dana berasal, bagaimana mengatur anggaran agar efisien namun tetap dapat mengoperasikan seluruh divisi dalam perusahaan agar berjalan lancar.

7. Kesimpulan Usaha

Yang terakhir disusun adalah kesimpulan dari seluruh kerangka bisnis plan. Anda dapat menampilkan jadwal waktu tiap komponen diatas akan dilakukan, perkiraan waktunya dan hal-hal penting lainnya yang akan mendukung segala aktifitas dalam memulai usaha.

Berikut penjelasan singkat mengenai langkah mudah membuat Business plan:


Itulah penjelasan dari saya tentang Business plan, maaf kalau videonya banyak kesalahan dan kekurangannya. Semoga kalian menyukai blog saya dan bermanfaat buat kalian semua, sampai jumpa diminggu depan semuanya:)

Komentar