My Business

 √ Kapan Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis bagi Pemula?

Hallo apa kabar kalian semua? Kali ini saya hadir lagi dan akan membahas tentang “My Business” aku tuh suka banget masak dan suka juga makan. Dari hobby memasak ini lah aku mulai tertarik menawarkan hasil makanan aku ke teman-teman dan respon teman-teman juga positif. Kalau seandainya saja aku ingin membangun bisnis aku ingin membangun bisnis dibidang kuliner.  Untuk lebih lanjut yuk kita simak pembahasan dibawah ini, enjoy ya!


MY BUSINESS

Peluang Bisnis Makanan, Penawaran Menjadi Reseller dan Dropshiper ...

Anggap aku punya bisnis dibidang kuliner selama +- 2 tahun, aku memberi nama bisnisku “Foodbang” aku menjual makanan beku atau frozen food. Kenapa harus frozen food? Apa ada keuntungannya? Yups tentu aja ada dong, apa lagi di saat pandemi seperti ini banyak banget yang jajan makanan kemasan (siap saji) atau frozen food khususnya ibu rumah tangga dan anak muda. 
  • Sumber ide: Hobby 
  • Deskripsi Produk: Makanan cepat saji (frozen food) 
  • Produksi: "Foodbang"
  • Pemasaran: Media sosial, e-commerce




BUSINESS MODEL CANVAS

Pengertian dan Teknik Membuat Bisnis Model Canvas
  • Customer Segments
Pelanggan yang akan menjadi target dalam bisnis ini adalah ibu rumah tangga dan anak muda. Karena praktis, orang-orang saat ini lebih memilihnya. Terkadang sebagian dari orang-orang juga membeli Frozen Food atau makanan beku ini untuk disimpan di lemari es, jadi apabila tidak ada makanan, tinggal memasaknya menjadi kudapan enak, nikmat serta praktis.

  •   Value Proposition
Seperti yang telah kita ketahui, makanan beku adalah makanan yang dibekukan dengan tujuan mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Keunggulan dari produk ini adalah praktis dan menggunakan bahan yang berkualitas dan tetntu saja tanpa pengawet, anda hanya perlu menyimpan dilemari es atau freezer dan ketika kalian ingin memakannya kalian hanya cukup memanaskannya saja.

  •   Channels
Sarana dalam menyampaikan value proposition dari produk ini dapat melalui media sosial dan juga kerja sama dengan selebgram atau influencer. Melalui channels tersebut, value propositions akan tersampaikan kepada customer segments. Selain itu, bisa juga memanfaatkan e-commerce.

  •    Customer Relationship
Dalam menjaga loyalitas pelanggan, akan dibangun hubungan yang baik, ramah, sopan, terhadap customer. Selain itu,  akan dilakukan pula pengawasan agar pelanggan tidak mudah berpaling ke bisnis yang lain hanya karena jalinan hubungan yang kurang baik. Dan juga kita bisa  selalu memberikan diskon ke pelanggan agar pelanggan tidak mudah berpaling.

  •   Revenue Stream
Pendapatan bisnis frozen food ini berasal dari media sosial dan gerai penjualan.

  • Key Activities
Menghasilkan proporsi nilai dalam bisnis ini dilakukan dengan cara endorsement channels. Dengan adanya kualitas yang bagus, lalu approved by influencer, maka followers dari influencer tersebut pun akan tertarik karena produk ini berkualitas dan bagus. Selain itu bisnis ini juga akan didaftarkan ke dalam e-commerce (online shop), supaya dapat mempermudah pelanggan.

  • Key Resource
Pengelolaan bahan baku frozen food, kualitas serta saat packing sangat diperhatikan supaya pelanggan tidak kecewa dan merasa puas ketika membeli produk yang kami jual.

  •   Key Partnership
Dalam bisnis ini akan memperhatikan serta menjalin hubungan yang baik sehingga menciptakan siklus bisnis yang sesuai dengan ekspektasi.

  •   Cost Structure
Biaya yang dikeluarkan dalam menjalankan bisnis ini adalah biaya operasional. Biaya yang dikeluarkan adalah biaya yang menjadi proses utama dalam proses bisnis frozen food ini. Struktur pembiayaan bisnis akan dikelola secara efisien sehingga bisnis yang dijalani menjadi lebih hemat dan meminimalkan resiko kerugian.

Penjelasan dalam bentuk video bisa kalian lihat dibawah ini:




Proposal Bisnis:
https://drive.google.com/file/d/1TtpAR3XriJbR1yVplYMOg5OXmk87kuCC/view?usp=sharing

Oke itu aja yang dapat aku bahas tentang my business ini, semoga aku bisa kesampaian membuat bisnis yang aku impikan dan kalian juga bisa membangun bisnis yang kalian impikan. Maaf banget kalau masih banyak kesalahan ya, semoga kalian menyukai apa yang  saya bahas hari ini dan bermanfaat buat kalian semua, sampai jumpa teman-teman^^

Komentar