MY BUSINESS
Anggap aku
punya bisnis dibidang kuliner selama +- 2 tahun, aku memberi nama bisnisku
“Foodbang” aku menjual makanan beku atau frozen food. Kenapa harus frozen
food? Apa ada keuntungannya? Yups tentu aja ada dong, apa lagi di saat
pandemi seperti ini banyak banget yang jajan makanan kemasan (siap saji) atau frozen
food khususnya ibu rumah tangga dan anak muda.
- Sumber ide: Hobby
- Deskripsi Produk: Makanan cepat saji (frozen food)
- Produksi: "Foodbang"
- Pemasaran: Media sosial, e-commerce
BUSINESS
MODEL CANVAS
- Customer Segments
Pelanggan
yang akan menjadi target dalam bisnis ini adalah ibu rumah tangga dan anak
muda. Karena praktis, orang-orang saat ini lebih memilihnya. Terkadang sebagian
dari orang-orang juga membeli Frozen Food atau makanan beku ini untuk
disimpan di lemari es, jadi apabila tidak ada makanan, tinggal memasaknya
menjadi kudapan enak, nikmat serta praktis.
- Value Proposition
Seperti
yang telah kita ketahui, makanan beku adalah makanan yang dibekukan dengan
tujuan mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Keunggulan dari produk ini
adalah praktis dan menggunakan bahan yang berkualitas dan tetntu saja tanpa
pengawet, anda hanya perlu menyimpan dilemari es atau freezer dan ketika kalian
ingin memakannya kalian hanya cukup memanaskannya saja.
- Channels
Sarana
dalam menyampaikan value proposition dari produk ini dapat melalui media sosial
dan juga kerja sama dengan selebgram atau influencer. Melalui channels
tersebut, value propositions akan tersampaikan kepada customer segments. Selain
itu, bisa juga memanfaatkan e-commerce.
- Customer Relationship
Dalam
menjaga loyalitas pelanggan, akan dibangun hubungan yang baik, ramah, sopan,
terhadap customer. Selain itu, akan dilakukan pula pengawasan agar
pelanggan tidak mudah berpaling ke bisnis yang lain hanya karena jalinan
hubungan yang kurang baik. Dan juga kita bisa selalu memberikan diskon ke
pelanggan agar pelanggan tidak mudah berpaling.
- Revenue Stream
Pendapatan
bisnis frozen food ini berasal dari media sosial dan gerai penjualan.
- Key Activities
Menghasilkan
proporsi nilai dalam bisnis ini dilakukan dengan cara endorsement channels.
Dengan adanya kualitas yang bagus, lalu approved by influencer, maka followers
dari influencer tersebut pun akan tertarik karena produk ini berkualitas dan
bagus. Selain itu bisnis ini juga akan didaftarkan ke dalam e-commerce (online
shop), supaya dapat mempermudah pelanggan.
- Key Resource
Pengelolaan
bahan baku frozen food, kualitas serta saat packing sangat diperhatikan
supaya pelanggan tidak kecewa dan merasa puas ketika membeli produk yang kami
jual.
- Key Partnership
Dalam
bisnis ini akan memperhatikan serta menjalin hubungan yang baik sehingga
menciptakan siklus bisnis yang sesuai dengan ekspektasi.
- Cost Structure
Biaya
yang dikeluarkan dalam menjalankan bisnis ini adalah biaya operasional. Biaya
yang dikeluarkan adalah biaya yang menjadi proses utama dalam proses bisnis frozen
food ini. Struktur pembiayaan bisnis akan dikelola secara efisien sehingga
bisnis yang dijalani menjadi lebih hemat dan meminimalkan resiko kerugian.
Penjelasan dalam bentuk video bisa kalian lihat dibawah ini:
Penjelasan dalam bentuk video bisa kalian lihat dibawah ini:
Proposal Bisnis:
https://drive.google.com/file/d/1TtpAR3XriJbR1yVplYMOg5OXmk87kuCC/view?usp=sharing
Oke itu aja yang dapat aku bahas tentang my business ini, semoga aku bisa kesampaian membuat bisnis yang aku impikan dan kalian juga bisa membangun bisnis yang kalian impikan. Maaf banget kalau masih banyak kesalahan ya, semoga kalian menyukai apa yang saya bahas hari ini dan bermanfaat buat kalian semua, sampai jumpa teman-teman^^
Komentar
Posting Komentar